Monday 20 February 2012

(5210100032 - Damar Pradiptojati) Proyek Teknologi yang Sukses di Indonesia



Salah satu proyek IT yang berhasil diaplikasikan di Indonesia adalah Cyber Campus. Proyek ini dikembangkan oleh Universitas Airlangga untuk mendukung operasional dan sistem pencatanan serta dokumentasi. Cyber Campus mengubah sistem yang tadinya bersifat manual dan parsial menjadi suaatu sistem yang otomatis dan terpadu.

Kebutuhan IT ini disebabkan oleh salah satu faktor, yaitu kondisi kampus yang terpisah, yaitu kampus A, B, dan C. Teknologi informasi menjadi kekuatan untuk melakukan kolaborasi antar kampus yang terpisah tersebut. Sistem lama telah dibuat, namun masih bersifat manual dan terpisah dengan sistem IT utama Unair. Akibat dari data yang tidak terintegrasi ini banyak percepatan pengembangan Unair yang menjadi lamban karena pengambilan kebutuhan yang memerlukan waktu lama karena keperluan validasi antar komponen.

Cyber Campus menjadi jawaban atas kebutuhan integrasi data. Dengan adanya Cyber Campus, redundansi data menjadi minimal dan efisiensi meningkat. Sebagai contohnya
mahasiswa hanya perlu untuk mengecek nilai, mengambil matakuliah, melihat jadwal kuliah dan info lain-lain hanya dengan mengunjungi website Cyber Campus Unair.

KRS Online menjadi salah satu fitur yang disediakan pada Cyber Campus. KRS Online ini pertama kali dioperasikan pada tanggal 22 Agustus 2011. Dengan adanya KRS Online, mahasiswa dapat memasukkan rencana studinya selama satu semester kedepan, melihat jadwal kuliah, dosen matakuliah, serta nilai yang diperoleh selamat studi hanya melalui internet. Dengan demikian, proses KRS menjadi cepat serta efisien baik dari segi tenaga dan waktu, sehingga menguntungkan bagi pihak mahasiswa, dosen, maupun karyawan.


source:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons