Wednesday 24 November 2010

Peranan Teknologi Informasi di Bidang Arsitektur di Masa Depan

Di masa kini, dunia tidak lagi mengharuskan manusia untuk mengenyam pendidikan formal untuk mendapatkan pengetahuan. Hanya dengan bebekal sebuah komputer manusia mampu mengerti banyak hal dan mengaplikasikan banyak hal. Dengan berbekal suatu jaringan yang luas manusia mampu berinteraksi dengan orang yang berada jauh dari jangkauannya secara langsung. Dengan adanya Teknologi Informasi manusia mampu untuk meningkatkan kualitas hidupnya dan hidup lebih mudah.


Teknologi = Lebih Mudah!
-----------------------------------------------------------------
Pada masa kini teknologi informasi menjadi suatu elemen yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan di berbagai sektor kehidupan yang memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan, penelitian dan juga khususnya dalam ilmu arsitektur. Selain itu teknologi informasi juga telah menjadi fasilitas utama yang meningkatkan komunikasi, baik antar daerah, antar perusahaan, antar jabatan, dan lain-lain melalui social network seperti facebook, twitter, yang menimbulkan suatu hubungan positif bagi para pelakunya.

Kehausan manusia akan teknologi yang semakin canggih menyebabkan vendor-vendor semakin berusaha keras untuk meningkatkan kualitas produknya dan mencari suatu ide yang baru dan kreatif agar produknya laku di kalangan konsumen. Beberapa contoh konkretnya yaitu pada bidang musik portable yang dimulai oleh Sony dengan produk Walkman-nya yang menggunakan kaset dan earphone, kini telah berubah menggunakan MP3 player yang lebih sederhana dan memiliki kapasitas lagu yang sangat banyak yang kini dirajai oleh Apple dengan produknya yaitu iPod. Contoh lainnya adalah salah produk operating system (OS) yang memiliki brand Windows, yang pada tahun-tahun terakhir ini terjadi launching produk yang bagi kaum awam terasa cepat (windows 98, windows XP, windows Vista, windows 7, dan windows 8 yang masih dalam tahap perencanaan).

Ketika tingkat kebutuhan manusia akan teknologi informasi di masa kini sudah dapat terlihat, maka kita pun bisa menggambarkan kondisi di masa depan khususnya dalam konteks teknologi informasi yang pada masa kini sangat dibutuhkan. Di masa depan, diperkirakan kebutuhan manusia akan teknologi informasi akan terus dan semakin meningkat seiring dengan majunya pengetahuan dan keinginan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satu peranan penting IT di masa depan adalah di bidang bangunan / arsitektur.

Manfaat IT di bidang Arsitektur
-----------------------------------------------------------------
Dalam bidang arsitektur bukan hanya pengguna bangunan yang akan menikmati tekonologi yang maju, namun juga dinikmati oleh pihak perancang banguna. Di bidang bangunan / arsitektur, manusia akan lebih dimudahkan hidupnya dengan bantuan IT. Kegiatan perancangan dan pembangunan gedung pasti membutuhkan beberapa data yang mendukung untuk dibangunnya suatu gedung / rumah. Dengan ternik konvensional pengumpulan data cukup sulit untuk dilakukan dan pada akhirnya kesesuaian antara spesifikasi bangunan dan keadaan sesungguhnya menjadi berkurang. Akan tetapi seiing dengan majunya teknologi informasi, kegiatan pengumpulan data menjadi lebih cepat dan lebih sesuai dengan kriteria dari jenis bangunan yang akan dibuat (misalnya data kelembaban tanah, data kadar air tanah, data jumlah populasi dalam suatu daerah, data tingkat polusi udara, dan lain-lain). Dengan pengaplikasian IT pada arsitektur, pencemaran lingkungan dan kerusakan alam dapat diminimalisir dan tingkat keamanan dari bahaya semakin meningkat.

Selain kemudahan yang dialami oleh pihak perancang / arsitek, ada juga kemudahan bagi para pengguna bangunan. Ketika IT sudah terintegrasi dengan semua bagian rumah, segala urusan yang seringkali membuat repot dapat diminimalisir. Pencegahan dari terjadinya bahaya mengancam seperti pencurian dan kebakaran, bahkan pencegahan dari hal sepele seperti jemuran yang basah terkena hujanpun membaik.

Contoh pengaplikasian dari IT di bidang arsitektur bagi arsitek yaitu penggunaan internet untuk mendapatkan berbagai macam model bangunan yang hendak dibuat. Dengan menggunakan search engine seperti google.com, yahoo.com, altavista, dan sebagainya seorang arsitek dapat menemukan inspirasi dan memilih model yang akan digunakan. Selain itu informasi keadaan daerah yang akan dibangunpun dapat dicari menggunakan search engine atau menggunakan aplikasi peta seperti Google Earth.

Penggunaan internet memang baik, namun dalam hal model bangunan tidak selalu sesuai dengan pikiran sang arsitek dan keinginan konsumen. Ada kalanya kita harus menggunakan cara lain seperti penggunaan aplikasi 3D yang terhubung dengan layanan peta internet seperti Google Maps atau Wikimapia yang digunakan untuk merancang bangunan secara cepat, akurat, dan sesuai dengan keinginan konsumen. Demikian juga mengenai informasi dareah tempat bangunan yang didapat dari internet tidak selalu dapat dipercaya. Seorang arsitek nantinya akan menggunakan alat untuk melihat struktur tanah melalui tingkat suhu dan kelembaban tanah dengan menggunakan sensor thermal dan sensor kadar air, serta alat penguji tingkat kebisingan menggunakan sensor suara untuk memastikan bangunan yang didirikan menjamin kesehatan psikologi dari pemilik bangunan.

Sedangkan contoh pengaplikasian dari IT di bidang arsitektur yang memudahkan pemilik / pengguna bangunan yaitu penggunaan sensor cahaya untuk menyalakan lampu secara otomatis, penggunaan sinyal Bluetooth dan teknologi enkripsi untuk membuka pintu pagar secara otomatis sehingga pemilik rumah tidak perlu repot-repot turun dari mobil untuk membuka pagar namun rumah tetap dapat dipastikan aman, RFID dan fingerprint sebagai pengganti kunci ruangan, penggunaan clock untuk mengatur jadwal alat pembersih ruangan, jadwal pengisian air bak mandi, jadwal aktifnya AC ataupun penghangat ruangan, penggunaan solar cell untuk menghapus biaya listrik dan menghemat bahan bakar fosil, penggunaan dsb.

Tetap Waspada
-----------------------------------------------------------------
Namun perlu diingat bahwa tingkat keamanan jaringan pun semakin perlu ditambah jika semua arsitektur terintegrasi dengan internet. Akibat yang ditanggung pun tidak main-main. Walau hanya dengan bekal bakat pemrograman seorang hacker akan mampu membobol rumah dengan mudahnya, mencuri properti bangunan, mengubah konfigurasi setting rumah, bahkan mampu meledakkan bangunan tersebut dari jarak jauh dengan cara mengganti kode dari properti yang berbahaya dan mengancam kehidupan manusia. Pemilik bangunan harus bekerjasama dengan pihak vendor demi menjaga keamanan bangunannya. Salah satu caranya antara lain pihak vendor harus mengadakan update software pengamanan rumah mengikuti pola pikiran hacker secara berkala dan penghuni bangunan harus mengupdate software vendor tersebut.

Dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan teknologi informasi bagi manusia dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi akan semakin dituntut perkembangannya karena semakin bertambahnya tahun maka semakin cepat pula teknologi yang digunakan, semakin besar kapasitas penyimpanan yang diperlukan, semakin dan semakin banyak akses yang diperlukan. Para vendor pun akan semakin berlomba-lomba untuk menawarkan produk mereka yang lebih canggih, lebih cepat, dan berkapasitas lebih besar.

Dengan demikian peranan teknologi informasi akan semakin meresap dalam kehidupan manusia khususnya di masa depan karena manusia akan semakin bergantung pada teknologi informasi. Hanya saja hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan kehidupan yang materialistis dan individualis yang akhirnya berdampak pada ketimpangan sosial jika teknologi informasi tidak disikapi dengan bijak dan dewasa.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons